Untuk Kerah Putih

[1]
Kalau kau pernah yakini bahwa dunia ini adalah segalanya dan lebih menyukai gagasan bahwa kekayaan adalah kunci kebahagiaan, segeralah bertobat. Setidaknya kurangilah perilakumu yang suka menghambur-hamburkan uang rakyat. Bukan kurangi sih, tapi lebih tepatnya musnahkan.

[2]
Mungkin selama ini kau berpendapat bahwa uang negara itu merupakan uang untuk orang-orang seperti kamu. Toh, karena kau berpendapat bahwa rakyat telah memiliki uang yang disimpan di dalam dompet mereka masing-masing. Terus mengapa rakyat harus mengklaim bahwa itu uang mereka? Sudah jelas-jelas bahwa negara bukan bank, bukan tempat menyimpan uang.

menabung itu memang baik, tapi…

[3]
Tidakkah kau saksikan film 2012 atau Knowing? Walaupun saya anjurkan untuk tidak serta merta kau harus menelan bulat-bulat alur ceritanya yang jelas-jelas itu termasuk genre fiksi. Dan juga walaupun saya masih ragu kau punya waktu untuk menonton film-film tersebut, disebabkan kau lebih sibuk mensurvey, meninjau, mengamati, menimbang serta memutuskan dana apa lagi yang akan menjadi target korupsimu hari ini, besok, lusa dan seterusnya.

[4]
Untuk itu saya sarankan, luangkanlah waktumu untuk keluar dari kompleks perumahan berpagar tinggimu itu. Hingga kau saksikan bahwa kemiskinan di masyarakat itu benar-benar adanya. Bukan hanya terdapat dalam buku-buku statistik ataupun di pameran-pameran foto. Bukan hanya sekedar diamati dengan mata (penglihatan), tapi  ditangani dengan tangan (perbuatan).

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s