Solusi Semua Masalah Ada Pada TV

Masalah yang sama terulang kembali. Bencana alam maupun bencana kemanusiaan. Kalaupun berbeda itu hanya dari jumlah korbannya. Kita memang tidak pernah belajar dari kesalahan. Hanya memandang masalah secara pragmatis. Kalaupun dicari jalan keluarnya, pasti tanpa mencari dan melihat apa akar penyebab masalahnya. Kalaupun ada yang mencari, pasti dipikir akan membuang-buang waktu, energi, dan tentunya ongkos. Dan akhirnya sebagian besar solusi hanya berakhir di alam ide.

Mengapa begitu? Karena masyarakat hanya ingin melihat apa yang ingin mereka lihat. Ketika semua keriuhan peristiwa tidak lagi ditayangkan atau diberitakan di televisi, itu artinya semuanya telah berakhir, semua menjadi baik-baik saja dan kembali berjalan normal. Setidaknya normal menurut asumsi mereka sendiri. Jadi kalau semua sudah diasumsikan kembali normal, buat apa lagi dipermasalahkan? Lagipula masyarakat pun enggan berkomentar banyak-banyak. Kita memang bangsa pelupa dan pemaaf, dan selamanya memang akan seperti itu. Kalaupun tidak ingin disebut pelupa, itu berarti kita tidak berkomentar karena malas tahu. Buat apa mencari tahu banyak, kalau semua informasi sudah tersaji di depan TV. TV telah menjadi sumber informasi terbesar dalam hidup kita. Masalahnya adalah apakah kita benar-benar memperhatikan?

Kita semua harus tahu bahwa semua peristiwa di TV hanya akan menjadi isu pada satu momen saja, tidak selamanya menjadi bahan perbincangan. Dan layak tidaknya menjadi bahan perbincangan itu yang menentukan adalah stasiun TV-nya. Kapan momen dimulai, dipertahankan dan lalu berakhir. Lagipula siapa yang peduli kalau sudah tidak lagi ditayangkan TV?

Inilah yang menyebabkan diskusi tentang masalah dan solusi hanyalah rangkaian waktu yang telah disetting, tidak pernah tuntas. Begitu semua keriuhan berakhir, maka aplikasi di lapangan hanya berharap dari kemurahan hati sang pengambil kebijakan. Apa mau dilanjutkan atau dibiarkan begitu saja hingga ada kejadian selanjutnya.

Cukup hentikan pemberitaannya, semua pasti beres..

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s