Endogenous Development

The Facilitators Club

Endogenous Development adalah membangun bertumpu pada kriteria kesejahteraan masyarakat sendiri seperti material, sosial dan spiritual.  Gagasan ini menantang proses pembanguna klasik yang cenderung bersifat fisik dan material.

Pembangunan endogen menjadikan cara pandang komunitas sebagai titik tolak membangun keselamatan rakyat.

Keunikan pendekatan pembangunan endogen dan pendekatan partisipatif adalah bagaimana memasukan unsur spiritualitas dalam tahapan proses pembangunan.

Jadi, pembangunan endogen benar-benar menitikberatkan pada “energi dari dalam”.  Yakni, hal-hal yang berkenaan dengan nilai-nilai dan pranata lokal.  Karena, setiap komunitas memiliki keunikan sendiri dalam menentukan tahapan pembangunan.

Konsep kunci pembangunan endogen adalah bagaimana komunitas lokal mengkontrol sendiri seluruh proses pembangunan terutama berkenaan dengan nilai-nilai kebudayaan setempat — sungguh sungguh memperhatikan kepercayaan setempat, cara mereka memandang dunia dan keseimbangan antara sumberdaya lokal dan eksternal.

Tujuan pembangunan endogen mendudukan komunitas lokal sebagai pemiliki seluruh proses pembangunan. Pada proses endogenisasi, mereka bisa memanfaatkan nilai-nilai leluhur, kekayaaan alam tempatan dan bagaimana energi setempat dipertukarkan.

Aset setempat yang penting…

View original post 43 more words

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s